UKS

Memperkenalkan kesehatan di sekolah, terutama kepada anak-anak diusia sekolah merupakan hal yang sangat penting, karena anak-anak diusia sekolah sangat rentan tertular penyakit, karena pada usia sekolah tingkat sosialisasi serta aktifitas mereka sangat tinggi. Hal ini juga ditunjang oleh kurangnya kesadaran anak-anak terhadap kesehatan. Memperkenalkan kesehatan kepada anak-anak diusia sekolah pada dasarnya adalah mudah, karena pada umumnya di tiap sekolah telah ada Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Pengertian UKS
Usaha Kesehatan Sekolah adalah usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan serta perilaku hidup sehat kepada peserta didik usia sekolah yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu.

UU Nomor 36 Tahun 2009 pasal 79 tentang Kesehatan
”Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan setinggi-tingginya sehingga diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Tujuan UKS
Usaha Kesehatan Sekolah memiliki tujuan memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan cara:

  • meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat
  • meningkatkan derajat kesehatan peserta didik
  • menciptakan lingkungan yang sehat

Ruang Lingkup UKS
Ruang lingkup Usaha Kesehatan Sekolah tidak lain adalah untuk mengarahkan peserta didik, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah pada praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.