Olahraga yang Teratur dan Terukur

Di artikel yang berjudul Menggunakan Jamban yang Bersih dan Sehat telah sedikit disinggung tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara olahraga yang teratur dan terukur. Di artikel ini akan dijelaskan dengan lebih mendalam tentang pentingnya berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh.

Olahraga adalah aktifitas fisik maupun psikis yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan. Berolahraga selain membuat badan bugar dan sehat juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus penyebab penyakit meningkat, sehingga dengan berolahraga diharapkan dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan bagi pelakunya.

Berolahraga hendaknya teratur dengan jadwal yang telah terukur sesuai dengan kemampuan pelakunya. dengan berolahraga secara teratur tubuh akan terbiasa dengan kegiatan tersebut sehingga tidak terjadi kekakuan otot. berolahraga juga haruslah terukur karena kemampuan setiap pelaku olahraga berbeda.

Dengan berolahraga dapat menghindarkan pelakunya dari penyakit stroke, jantung, obesitas dan juga osteoporosis serta dapat membentuk otot tubuh membuat penampilan pelakunya menjadi lebih menarik dan menjaga stamina pelakunya tetap baik. Olahraga juga meningkatkan suasana hati menjadi lebih nyaman sehingga menghindarkan pelakunya dari stress.

Untuk menunjang kegiatan PHBS, disekolah hendaknya terdapat jadwal rutin olahraga bagi para peserta didik dilengkapi dengan sarana peralatan olahraga yang mendukung serta perlu adanya penyuluhan phbs di sekolah dan di dalam materi pelajaran olahraga para peserta didik.